>

Islam indonesia

Friday, August 16, 2013

Hadirilah Majelis-Majelis Ilmu...


Menjauh dari majelis ilmu dan perjumpaan dengan saudara serta menjauh dari aktivitas dakwah dapat mengeraskan hati.
Imam al Hasan al Bashri mengatakan, "Sahabat-sahabat kami lebih berharga daripada keluarga kami. Keluarga kami mengingatkan kami kepada dunia sedangkan sahabat-sahabat kami mengingatkan kami kepada akhirat."

Berusahalah untuk selalu hadir di majelis-majelis ilmu...

Jika ada yang beranggapan bahwa mendengarkan CD/radio atau membaca buku sudah cukup, maka ia keliru. Ia sangat butuh untuk hadir di majelis-majelis ilmu. Ketika seseorang duduk di majelis-majelis ilmu di masjid, maka para Malaikat akan mengelilinginya, ketenangan (sakinah) akan menaunginya, kasih sayang akan turun kepadanya dan Allah akan memujinya di hadapan para Malaikat…
Demi Allah, ini adalah sesuatu yang berbeda. Karenanya, Anda akan dapati kebanyakan orang-orang yang tergelincir adalah orang yang melalaikan majelis ilmu.

Rutinlah hadir di majelis-majelis ilmu...

Jaga dan ikutilah jadwal-jadwal rutinnya setiap pekan,niscaya Anda akan memperoleh semangat keimanan yang baru. Jika di sana terdapat kekurangan maka itu akan segera membaik atau bila terdapat retak, insyaallah akan segera tertutupi.

Rahasianya, ketika Anda hadir di majelis-majelis ilmu, maka keimananmu akan meningkat. Kami dahulu selalu menyertai para syaikh di awal menuntut ilmu, lalu salah seorang sahabat kami absen. Syaikh akan bertanya tentangnya, maka mereka menjawab, "Ia sedang sibuk membaca sebuah kitab sehingga tidak bisa datang." Syaikh berkata, "Katakan padanya bahwa perjumpaanmu dengan sahabat-sahabatmu akan menambah keimanan dalam hatimu lebih banyak daripada engkau membaca kitab seorang diri."

Memang benar, hadir di majelis ilmu akan mendatangkan keberkahan. Barangkali saja ada diantara yang hadir yang memiliki doa-doa yang mustajab, apabila ia mengaminkan doa syaikhnya niscaya akan dikabulkan doanya dan Allah akan merahmati seluruh yang hadir. Dengan begitu Anda akan memperoleh kemenangan yang besar.

Para Sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dahulu berkata kepada kawannya, "Bergabunglah bersama kami, kita akan beriman sesaat."

Dan apa yang Anda lakukan saat Anda tidak hadir?! Kesibukan-kesibukan dunia, ambisi-ambisi rendahan dan bisikan-bisikan syaitan.

Masjid adalah rumah bagi setiap orang yang bertakwa. Masjidlah tempat kembali kaum mukminin. Kembalilah ke masjid dan hadirilah majelis-majelis ilmu.

Mohonlah perlindungan kepada Allah niscaya Allah akan melindungimu. Janganlah sekali-kali berpaling dari-Nya hingga Dia akan berpaling darimu…

@ Muhammad bin Husain Ya'qub, Min Asbâb al Futûr wa 'Ilâjuhu
Sumber: FB Belajar Manhaj Salafy

0 comments:

Post a Comment