Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari
Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,
bahwa beliau pernah bersabda.
“Artinya : Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi
hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” [1]
Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullaah menukilkan perkataan
Imam Al-Khathabi tentang keistimewaan kurma Ajwah : “Kurma Ajwah
bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan do’a keberkahan
dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah
bukan karena dzat kurma itu sendiri” [2]
Hadits ini mempunyai banyak sekali kandungan faedahnya, sebagaimana
yang dituturkan oleh Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullaah dalam kitabnya
‘Ath-Thibb An-Nabawi’ [3] : “Al-Maf’uud adalah sakit yang menyerang
bagian liver (hati)[4]”. Dan kurma memiliki khasiat yang menakjubkan
untuk menyembuhkan penyakit ini (dengan izin Allah), terutama sekali
kurma dari Madinah, khususnya jenis Ajwah. (Pembatasan pada) jumlah
tujuh itu juga mengandung khasiat yang hanya diketahui rahasianya oleh
Allah.
Kurma adalah jenis nutrisi yang baik, terutama bagi orang yang
makanan sehari-harinya mengandung kurma seperti penduduk Madinah. Begitu
juga kurma adalah makanan yang baik bagi orang-orang yang tinggal di
daerah panas dan agak hangat namun memiliki temperatur tubuh yang lebih
dingin.
Bagi penduduk Madinah, tamr (kurma yang kering) merupakan makanan
pokok sebagaimana gandum bagi bangsa-bangsa lain. Juga, kurma kering
dari daerah Aliyah di Madinah merupakan salah satu jenis kurma terbaik
sebab rasanya gurih, lezat dan manis. Kurma termasuk jenis makanan, obat
dan buah-buahan, kurma cocok dikonsumsi oleh hampir seluruh manusia.
Dapat berguna untuk memperkuat suhu tubuh alami, tidak menimbulkan
reduksi timbunan ampas yang merusak tubuh seperti yang ditimbulkan oleh
berbagai jenis makanan dan buah-buahan. Bahkan bagi yang sudah terbiasa
makan kurma, kurma dapat mencegah pembusukan dan kerusakan makanan yang
berefek negatif terhadap tubuh.
KURMA AJWAH BERASAL DARI SURGA DAN DAPAT MENGOBATI RACUN
Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
“Artinya : Kurma Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun” [4]
Imam Ibnul Qayyim memberikan komentar terhadap hadits tersebut, “Yang
dimaksud dengan kurma Ajwah disini adalah kurma Ajwah Al-Madinah, yakni
salah satu jenis kurma di kota itu, dikenal sebagai kurma Hijaz yang
terbaik dari seluruh jenisnya. Betuknya amat bagus, padat, agak keras
dan kuat, namun termasuk kurma yang paling lezat, paling harum dan
paling empuk” [5]
Dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
“Artinya : Sesungguhnya dalam kurma Ajwah yang berasal dari Aliyah
arah kota Madinah di dataran tinggi dekat Nejed itu mengandung obat
penawar atau ia merupakan obat penawar, dan ia merupakan obat penawar
racun apabila dikonsumsi pada pagi hari” [6]
PENYEBUTAN ANGKA TUJUH DALAM AL-QUR’AN DAN AS-SUNNAH
Adapun khasiat dari tujuh butir kurma memiliki makna spiritual maupun material sebagaimana yang terdapat dalam syari’at Islam.
Allah menciptakan langit dan bumi masing-masing tujuh lapis. Jumlah
hari dalam sepekan adalah tujuh. Manusia mencapai tahapan kesempurnaan
penciptaan dirinya ketika telah mencapai tujuh fase. Allah mensyariatkan
kepada para hamba-Nya untuk berthawaf tujuh putaran. Sa’i antara Shafa
dan Marwah juga sebanyak tujuh putaran. Melempar jumrah masing-masing
tujuh kali. Takbir shalat Ied di raka’at pertama juga tujuh kali.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
“Artinya : Perintahkanlah mereka (anak-anak kalian) untuk shalat pada usia tujuh tahun” [7]
Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sakit, beliau
memerintahkan agar kepalanya disiram dengan air sebanyak tujuh qirbah.
[8]
Allah pernah memberi kuasa kepada angin untuk mengadzab kaum ‘Aad selama tujuh malam.
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdo’a kepada Allah agar
memberikan pertolongan kepada kaumnya dengan tujuh masa sebagaimana yang
diminta oleh nabi Yusuf.[9]
Allah menggambarkan sedekah seseorang dilipatgandakan pahalanya
seperti tujuh batang pokok padi yang masing-masing berisi seratus butir
padi. [10]
Batang padi yang dilihat oleh sahabat nabi Yusuf dalam mimpinya
jumlahnya juga tujuh buah. Jumlah tahun saat mereka bercocok tanam juga
tujuh.
Pelipatgandaan pahala hingga tujuh ratus kali lipat atau lebih
Yang masuk surga dikalangan ummat ini tanpa hisab ada tujuh puluh ribu orang.[11]
Disamping itu ada pula lafzh angka tujuh yang lain dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah yaitu, Allah berfirman.
“Artinya : Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut
(menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah
(kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat
Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana” [Luqman ;
27]
“Artinya : Kamu memohonkan ampun bagi mereka atau tidak kamu mohonkan
ampun bagi mereka (adalah sama saja) kendatipun kamu memohonkan ampun
bagi mereka tujuh puluh kali, namun Allah sekali-kali tidak akan memberi
ampunan kepada mereka, yang demikian itu adalah karena mereka kafir
kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum
yang fasik” [At-Taubah : 80]
Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.
“Artinya : orang mukmin makan dengan satu usus manakala orang kafir makan dengan tujuh usus” [12]
[Buku Kupas Tuntas Khasiat Kurma Berdasarkan Al-Qur’an Al-Karim,
As-Sunnah Ash-Shahihah dan Tinjauan Medis Modern, Penulis Zaki Rahmawan,
Penerbit Media Tarbiyah – Bogor, Cetakan Pertama, Dzul Hijjah 1426H]
__________
Foote Note
[1]. HR Al-Bukhari (no. 5769) dan Muslim (no. 2047) (155)), dari Shahabat Sa’ad bin Abu Waqqash
[2]. Fathul Bari Syarah Shahih Al-Bukhari oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalany (X/239), cet. Daar Abi Hayyan 1416H
[3]. Diringkas dari Ath-Thib An-Nabawy oleh Imam Ibnu Qayyim
Al-Jauziyyah, hal. 121-123, cet. Maktabah Nizaar Musthafa Al-Baaz, th.
1418H dan Shahih Ath-Thibb An-Nabawy fi Dhau’il Ma’arif Ath-Thabiyyah
wal Ilmiyyah Al-Haditsah oleh Syaikh Salim bin Ied Al-Hilaly, hal.
152-155 cet. Maktabah Al-Furqaan, th.1424H
[4]. HR Ibnu Majah (no. 3453) Ahmad (III/48) dari Sahabat Jabir bin
Abdillah dan Abi Sa’id, demikian juga At-Tirmidzi dalam Sunnannya (no.
2066) dari Abu Hurairah. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam
Misykatul Mashaabiih (IV/164/4163), dimuat juga oleh Syaikh Salim bin
Ied Al-Hilaly dalam Shahih Ath-Thibb An-Nabawy fi Dhau’il Ma’arif
Ath-Thabiyyah wal Ilmiyyah Al-Haditsah (hal. 428), cet. Maktabah
Al-Furqaan, th.1424H
[5]. Ath-Thibb An-Nabawy oleh Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah (hal. 331), cet. Maktabah Nizaar Musthafa Al-Baaz, tah. 1418H
[6]. HR Muslim no. 2048 dari Aisyah
[7]. HR Ahmad (II/187), Abu Dawud (no. 494, 495), At-Tirmidzi (no. 407),
Ad-Darimi (I/333) dan Al-Hakim (I/201) dari Sahabat Sabrah. Dishahihkan
oleh Syaikh Al-Albani rahimahullaah dalam kitabnya, Shahih Jami’ush
Shaghir (no. 5867) dan Irwaa-ul Ghalil 9no. 247).
Riwayat selengkapnya adalah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah
memerintahkan umatnya agar mengingatkan putra-putri mereka untuk
mendirikan shalat ketika telah berumur 7 tahun.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersbada, “Perintahkan anak
kamu shalat, ketika berumur 7 tahun. Dan apabila sudah berumur 10 tahun
belum shalat, pukullah dia”.
[8]. Berdasarkan hadits riwayat Al-Bukhari (no. 4442), dari Aisyah
Radhiyallahu ‘anha. Dengan lafazh “Guyurkan kepadaku (air) tujuh qirbah”
[9]. HR Al-Bukhari (no. 1006), dari Sahabat Abu Hurairah
[10]. Sebagaimana firman Allah : “ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan
oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa
dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-taip bulir
seratus biji. Allah meliput gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia
kehendaki. Dan Allah Mahaluas (karuniaNya) lagi Maha Mengetahui”
[Al-Baqarah : 261]
[11]. HR Al-Bukhari (no. 5707) dan Muslim (no. 220) dari Shahabat Ibnu
Abbas. Lafazhnya adalah : “..Dan akan masuk Surga tanpa hisab dari
mereka (umat Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam) tujuh puluh ribu
orang”.
[12]. HR Al-Bukhari (no. 5393), Muslim (no. 2060) dan yang lainnya dari
Sahabat Ibnu Umar, juga terdapat hadits dari Abu Hurairah dan Abu Musa.
Hadits ini tidak menunjukkan pada jumlah usus yang tujuh pada orang
kafir namun adalah permisalan (majaz) sebagaimana yang telah dijelaskan
oleh Al-Qaadhi Iyadh (yang dinukilkan oleh Imam An-Nawawy dalam Syarah
Shahiih Muslim (XXIII/24), cet. Daar Ibnu Haitsam) bahwa hadits ini
untuk menggambarkan bahwa orang kafir itu makan dan minumnya banyak,
sedangkan orang mukmin adalah sederhana dalam makan dan minum. Lihat
lengkapnya di Fathul Baari (IX/536-540)
http://kaahil.wordpress.com/2009/02/28/kurma-bisa-menangkal-racun-dan-sihir-vi/#more-805
0 comments:
Post a Comment