>

Islam indonesia

Sunday, December 15, 2013

Aunul Ma'bud 1 Set ( 4 Jilid ) - 'Imam Abu Thayyib Muhammad Syamsul Haq Al Adzim Abadi

BUKU KITAB AUNUL MA'BUD SET BELUM LENGKAP JUILID 1-4

Judul     : Aunul Ma'bud 1 Set ( 4 Jilid )
Penulis : 'Imam Abu Thayyib Muhammad Syamsul Haq Al Adzim Abadi  
Tahqiq/Peneliti : Ishamuddin Ash-Shahabithi

Ta’liq/Dikomentari oleh : Ibnu Qayim Al Jauziyyah
Penerbit : Pustaka Azzam

Jenis Kertas: HVS
Harga : 
Jilid 1 Rp 145.000,- (Diskon 30%) Rp 101.500,-
Jilid 2 Rp 165.000,- (Diskon 30%) Rp 115.500,-
Jilid 3 Rp 157.000,- (Diskon 30%) Rp 109.900,-
Jilid 4 Rp 159.000,- (Diskon 30%) Rp 111.300,-

Kitab Sunan Abu Daud karya Al Imam Sulaiman bin Al Asy' Ats As Sijistani [202-275 H] merupakan salah satu kitab dari beberapa kitab sunan yang memuat hadits-hadits Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam selain kitab hadits yang bertipe Musnad, majma',Muwatha', Az-Zawaid, Mu'jam, Mushannaf,  dan lainnya.  Sunan adalah buku-buku hadits yang disusun menurut bab-bab fiqih, dan hanya mencakup hadits yang sampai sanadnya kepada Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam  [Hadits marfu]. Buku jenis hadits ini di kalangan ulama Ahlus Sunnah ada beberapa yang terkenal, diantaranya Sunan Abu dawud , At-Tirmidzi, Ibnu majah, An Nasai ,Ad Darimi dan lainnya.
Kitab yang berkaitan denagn kitab Sunan Abu Daud sudah ditulis oleh beberapa ulama, sebagian diantaranya :

1.Ma'limus Sunan

Kitab Ini ditulis oleh Imam Abu Sulaiman Ahmad bin Ibrahim bin Khatab Al Bisthi Al Khatabi { w 388 H), Kitab ini merupakan Syarah yang sederhana yang mengupas masalah bahasa, meneliti riwayat, menggali hukum dan membahas adab.

2.Al Manhalu 'Azbu Al Maurud Syarhu Sunan Abi daud

Kitab ini disusun oelh seorang Syaikh Mahmud bin Muhammad bin Khthab As Subki -rahimahullah- , di dalam kitab ini, as Subki menunjukkan nama-nama perawi hadits, menjelaskan kata-kata yang sulit, mengungkap hukum dan ada dari hadits tersebut.Disamping itu juga menyebutkan nama perawi hadits tertentu selain Abu daud, dan juga menunjukkan derajat hadits baik shahih, hasan , dhaif, maudhu. namun sebelum beliau menyelesaikan kitab besar ini, beliau wafat pada bulan rabiul Awal tahun 1352 H.

3.Mukhtashor Sunan Abu Daud

Imam Al hafidz Abudl Adzim bin Abdul  Qowi Al Mundziri -rahimahullah-  ( w 656 H) penyusun kitab At targhib Wa Tarhib, menulis ringkasan Sunan Abu daud yang diberi judul Al Mujtaba. Setiap hadits, Al Mundziri juga menyebutkan ulama lain dari " lima Imama hadits" yang juga meriwayatkan hadits tersebut. Dia juga menunjukkan kelemahan sebagian hadits.
Kemudian Mukhtashor Al Mundziri ini diperbaiki sekaligus di ta'liq oleh Imam Muhammad bin Abu bakar Ibnul Qoyyim Al jauziyah -rahimahullah-  ( w 751 H)
Ibnul Qoyyim memberikan beberapa tambahan penjelasan mengenai kelemahan hadits yang di jelaskan oleh Al Mundziri, menegaskan keshahihan hadits yang belum di shahihkan, serta menjelaskan matan hadits yang muskil. Belau juga menjelaskan beberapa masalah secara panjang lebar yang tidak ditemukan pada kitab lainnya.

4.Aunul Ma'bud Syarah 'Ala Sunan Abu Daud

Penulisnya adalah Syaikh Abu Thayyib Syamsul haq Muhammad Asyaraf bin ' Ali Haidar As Siddiqi Al Adzhim Abadi.

Inilah edisi Terjemah dari Aunul Ma'bud Syarah Sunan Abu Daud  jilid 2 yang dilengkapi dengan ta'liq oleh Imam Ibnul Qoyyim dan tahqiq hadits oleh Ishamuddin As Shaababithi.

0 comments:

Post a Comment