>

Islam indonesia

Wednesday, May 22, 2013

Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap


Panduan Ilmu Tajwid Lengkap

Alhamdulillah jika kita dikaruniai nikmat oleh Allah swt untuk bisa membaca Al Qur’an tiap hari secara rutin dan kontinyu. Eits.. tapi tunggu dulu, sudahkah kita haqqul yakin bahwa bacaan Quran kita sudah baik dan benar??.

Seorang teman penulis ternama sekaligus pegiat dakwah bercerita bahwa bliau ketika mengikuti placement test utk suatu bimbingan tahfizhul Qur’an ternyata hasilnya harus ikut program tahsin alias diperbaiki dulu bacaan tilawahnya. Padahal selama ini bliau sudah mengajarkan hafalan Qura’an pada anak-anaknya. Nah Lho.. Apalagi yang ga pada baca Qur’an tiap hari.

Jadi kemampuan membaca aksara Arab semata, belum cukup bagi seseorang untuk dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar atau dalam Bahasa Al-Qur’an membacanya dengan tartil sebagaimana yg Allah swt perintahkan kepada kita, “… Dan bacalah al-Qur’an dengan tartil” (Qs al-Muzzammil : 4). Sahabat Ali r.a menyebutkan bahwa tartil adalah tajwidul huruf wa ma’rifatul wukuf, mentajwidkan huruf-hurufnya dan mengetahui tempat-tempat berhentinya.  Sehingga untuk bisa membaca al-Qur’an dengan tartil dibutuhkan ilmu yg menuntunnya yaitu ilmu tajwid.

Ilmu Tajwid sangat penting dalam literatur ilmu Al-Qur’an. Ilmu Tajwid menuntun kaum Muslimin untuk melafalkan ayat-ayat ALlah dengan tepat sehingga lafazh dan maknanya tetap terjaga.

Buku Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap yang ada di hadapan Anda saat ini menghadirkan lima perkara pokok yang lazim dikupas dalam kajian Ilmu Tajwid, yaitu: makharijul huruf, shifatul huruf, ahkamul huruf, ahkamul maddi wal qashr dan ahkamul waqfi wal ibtida’. Tak lupa Gharib wa musykilat.

Buku Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap ini mempunyai kelebihan dibandingkan dengan buku-buku lainnya yang sejenis. Kami menamainya dengan “Pedoman” karena buku ini sangat layak untuk menjadi buku rujukan  untuk mengenal, memahami dan mempraktikkan pengucapan huruf-huruf hijaiyyah; isinya lengkap mulai dari tempat keluarnya huruf tersebut, sifat-sifatnya, sebutan-sebutannya, hingga hukum-hukum yang muncul tatkala suatu huruf berinteraksi dengan huruf lainnya.

Dilengkapi contoh-contoh aplikatif yang bersumber dari Al-Qur’an, skema dan tabel yang berisi kapita selekta pembahasan serta nazham-nazham singkat untu memudahkan penghafalan, buku Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap ini Insya Allah dapat dipelajari oleh berbagai kalangan : mulai dari pemula, pemerhati Ilmu Tajwid, para santri, hingga para Ustadz yang menekuni dunia Tajwid.

Selain penjelasan yang lengkap, satu hal yang membuat buku ini begitu nyaman untuk dibaca adalah hadirnya referensi dari berbagai kitab tajwid yang telah dikenal untuk mendukung pembahasan. Dan satu yg pasti, buku ini merupakan best seller diantara buku-buku pedoman tajwid sejenis karena sudah dicetak ulang sepuluh kali.

Semoga dengan hadirnya buku ini menjadikan Anda bersemangat untuk terus memperbaiki bacaan Al Qur’an kita sehingga bisa mendapatkan keutamaan dan pahala orang-orang yang mahir membaca Al Qur’an seperti yang dijanjikan-Nya. Dan tak lupa mengamalkannya juga tentunya.

Judul : Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap
Penerbit : CV. Diponegoro
Penulis : Ust Acep Iim Abdurrohman
Tebal : 209 hlm

0 comments:

Post a Comment